RSS

Universitas Multimedia

Kamis, 20 Agustus 2009

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan BPPT Akan Rekrut 100 Doktor Menuju Kampus Riset

(kesimpulan) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menjalin kerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Kerja sama difokuskan pada pengkajian, penerapan, dan pemasyarakatan teknologi informasi dan komunikasi. Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Prof Yohanes Surya, seusai penandatanganan di Auditorium BPPT, Selasa 18 Agustus 2009, mengatakan, akan menjajaki kerja sama, khususnya bidang teknologi informasi, menuju kampus riset.

Kerja sama tersebut fokus pada kajian dan produk BPPT di bidang teknologi informasi, yang menjadi titik tekan UMN. Kalau ada yang bisa dikerjasamakan, akan menindaklanjutinya dengan peneliti-peneliti UMN. Selama ini, UMN aktif mengembangkan banyak kerja sama dengan pihak lain di dalam ataupun luar negeri. Adapun jenis teknologi yang sedang dikembangkan UMN adalah WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access), sebuah teknologi komunikasi dan informasi yang diyakini akan banyak mempengaruhi perkembangan dunia teknologi informasi pada masa depan.

Untuk mewujudkan visi kampus riset di bidang teknologi informasi, UMN sedang mencari seratus doktor dari luar dan dalam negeri. Mereka akan direkrut menjadi peneliti yang menghasilkan produk yang memberi jalan keluar. Tidak hanya teknologi, tetapi juga berkomitmen menghasilkan sumber daya manusia yang unggul melalui kampus riset.

Kepala BPPT Marzan A Iskandar mengatakan, kerja sama birokrasi, industri, dan dunia akademik merupakan keharusan yang tak terhindarkan lagi. Tujuannya, kian banyak produk riset yang termanfaatkan secara nyata di tengah masyarakat. Secara lebih luas, meningkatkan daya saing bangsa di kancah global. Apalagi, tak lama lagi dibuka era pasar bebas global. Karena itu, BPPT aktif dan terbuka dengan berbagai kerja sama, selain mengembangkan diri secara terus-menerus (Kompas, Kerjasama UMN-BPPT Menuju Kampus Riset, Rabu 19 Agustus 2009)

0 komentar:

Posting Komentar